Made Indra, basis Navicula baru saja tutup usia pada 26 Maret kemarin.

 

Dengan rambut keritingnya, sekilas Made terlihat seperti Wiji. Keduanya serupa tapi tak sama. Made yang tergabung dalam grup band Navicula melawan lewat medium musik sedangkan Wiji melawan lewat medium tulisan. Dia bukanlah sosok yang menjadi sorotan utama seperti Robi atau Dankie. Tapi tanpanya, Navicula tidaklah sekokoh sekarang. Jari-jarinya seakan membangun pilar-pilar yang menjadikan fondasi band ini lebih kuat di tiap lagunya. Berikut ini adalah 5 lagu dengan bassline gila yang sudah Gilanada rangkum sebagai bentuk penghormatan terakhir untuk Made.

 

  1. Modern Mantra

Bagai anak 90-an yang terjebak di dalam musik grunge dan britpop yang melanda saat itu, lagu ini adalah sebuah mantra. Made berhasil menyisipi bassline ala Kula Shaker dengan unsur India-nya namun masih cukup sangar untuk ukuran sebuah band rock.

 

  1. Mafia Hukum

Di lagu ini semua instrumen terdengar sangat seimbang. Setiap personil dapat memerankan perannya masing-masing dengan baik. Porsinya pas. Isian bas Made tidak pretensius. Kesederhanaan yang timbul berhasil memperlihatkan bagaimana lagu ini harus dibawakan: sebuah anthem yang jujur.

 

  1. Tomcat

Sejak kapan John Paul Jones main bersama Navicula?

 

  1. Days of War, Nights of Love

Percayalah, ini akan menjadi bassline lagu balada lokal favorit kalian. Simpel dan indah. Tak ada kata-kata lain yang pantas menggantikan dua kata tadi. Permainan bas Made hadir membantu Navicula lepas dengan unsur grunge yang gelap dan berat.

 

  1. Budi Si Berani Mati

Made hadir dengan isian bas yang berani – menggiring ‘Budi Si Berani Mati’ – untuk mencabik-cabik telinga kalian sejak awal lagu dimulai. Eksplorasi yang liar menjadikan bassline di lagu ini cocok untuk direspon dengan pogo tanpa henti.

About The Author