7 Cover Album Kontroversial

Ngomongin tentang musik, musik itu universal dan bisa dikaitin dengan apa aja dalam kehidupan kita. Kalo kata  Friedrich Nietzsche, “Without music, life would be a mistake”. Mungkin karena qoute itu tadi banyak orang yang berkecimpung dalam dunia musik dan pada akhirnya membuat sebuah band. Setelah membuat band akan lahir lah sebuah album dari band tersebut.

Album bisa dibilang sebuah karya yang paling ditunggu-tunggu dari sebuah band, banyak fans yang nunggu album baru dari band kesayangannya. Ketika membuat album, pasti suatu band bakal mikir mau kayak gimana konsep albumnya dan cover album yang seperti apa. Cover album jadi bagian yang cukup penting, karena bisa menimbulkan beberapa efek yang ga disangka oleh suatu band, misalnya  albumnya menjadi kontroversial atau bahkan albumnya dicekal. Dari sekian banyak cover album yang pernah menjadi kontroversi, berikut tujuh cover yang berhasil kami rangkum.  Jumlah yang sesuai dengan jumlah tangga nada do-re-mi-fa-so-la-si. Tujuh!

 

  1. Yesterday and Today – The Beatles

Sebelum dicekal

Sesudah dicekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

     Cover asli album Yesterday and Today dari band asal Inggris ini cukup mengerikan. The Beatles berfoto mengenakan jas laboratorium berwarna putih dengan potongan boneka bayi yang di-setting menyerupai daging. Ketika dirilis pada tahun 1966, cover album terseut mendapat larangan dari badan sensor. Pihak Capitol menarik semua album yang beredar di pasaran, bebarapa yang sudah laku tidak dapat ditarik, karena sudah menjadi milik pribadi.

Lalu, cover album tersebut diganti dengan foto personel The Beatles yang duduk dan berdiri di dekat sebuah koper. Jika diperhatikan memang cover album pengganti ini biasa saja jika dibanding cover sebelumnya.

 

  1. Diamond Dogs – David Bowie

Sesudah dicekal

Seniman asal Belgia, Guy Peelleart, melukis David Bowie sebagai manusia setengah anjing. Dari pinggang sampai kepala merupakan tubuh manusia dan dari pinggang sampai kaki merupakan tubuh anjing. Gambar yang secara detail memperlihatkan alat vital Bowie ini mendapat kecaman keras. Pihak RCA Records langsung menarik album yang sudah beredar di pasaran. Mereka men-design ulang cover tersebut untuk menyamarkan di bagian alat vital sehingga tak terlihat detail. Berdasarkan isu yang beredar, design album pertama yang sempat terjual dihargai sangat mahal oleh kolektor.

 

  1. Virgin Killer – Scorpion

Sebelum dicekal

Sesudah dicekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Grup band Scorpions memang sering  bermasalah dengan cover album yang mereka gunakan. Dari sekian banyak cover album yang bermasalah ada satu cover yang paling bermasalah. Pada cover album tersebut Scorpions menampilkan tubuh telanjang seoarang gadis berusia 10 tahun tanpa sensor di sampul album Virgin Killer. Badan sensor melarang peredaran album ini jika cover-nya tidak diganti. Scorpions pun akhirnya mengganti cover album Virgin Killer dengan pose personel.

 

  1. Love it To Death – Alice Cooper

Sesudah dicekal

Kalau dilihat secara sepintas mungkin tidak akan menemukan hal yang salah dalam cover album ini. Jika diperhatikan lebih detail, maka akan menemukan hal yang salah. Pada cover pertama,  Alice Cooper menunjukkan alat kemaluannya. Ketika dirilis oleh label Straight, Alice Cooper masih memakai cover tersebut. Tetapi saat album ini didistribusikan oleh Warner Brothers cover tersebut diedit.

 

  1. Hollywood in The Shadow of The Valley of Death – Marilyn Manson

Sebelum dicekal

Banyak umat Kristiani yang marah karena melihat album Hollywood in The Shadow of The Valley of Death. Marilyn Manson berpose seperti Yesus saat disalib pada album yang dirilis pada tahun 2000 ini. Album ini juga diduga sebagai inspirasi pembunuhan sadis di Columbine High School, Amerika Serikat. Ketika mengetahui banyak umat Kristiani yang marah dan ada pembunuhan di sekolah, Marilyn Manson menjelaskan kalau sebenarnya cover album ini memiliki banyak makna. Melali cover album ini Manson menyindir hipokritnya masyarakat Amerika terhadap nilai-nilai konservatif. Sayangnya masyarakat tidak mengetahui apa yang ingin disampaikan oleh Manson.

 

  1. Appetite For Destruction – Guns N’ Roses

Sebelum dicekal

Sesudah dicekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cover album milik Guns N Roses sempat dicekal karena terlalu vulgar. Robert Williams men-design cover album tersebut dengan menampilkan seorang gadis yang diperkosa oleh alien. Albu m ini sempat beredar katena ketidak tahuan Geffen Records selaku label. Mereka tak menduga kalau ternyata design cover dianggap vulgar.

Pihak Geffen menarik dan mengeluarkan design baru ketika mendapat banyak kecaman. Gambar salib serta terngkorak dari 5 personel Guns N’ Roses menjadi cover pengganti dan menjadi cover ikonik hingga saat ini. Lalu artwork milik Robert Williams berada di bagaian dalam cover.

 

  1. Amorica – Black Crowes

Sebelum dicekal

Sesudah dicekal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

The Black Crowes harus berhadapan dengan badan sensor karena dianggap melakukan penghinaan terhadap Amerika. Pada cover album “Amorica” terdapat gambar seorang wanita yang menggunakan G string ber-design bendera Amerika. Album tersebut dilarang beredar apabila cover tersebut tidak diganti. Black Crowes mengganti album ini dengan membuat background hitam sehingga tidak terlihat seperti g-string bendara Amerika yang dipakai seorang wanita.