Bicara soal musik, tentunya tidak hanya terpaku pada rilisan, genre dan panggung. Musik telah menjadi salah satu hal yang masuk ke dalam berbagai sudut kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali fashion.

Musik dan fashion pun menjadi hal yang saling berkaitan. Entah siapa yang mendahului dalam mempengaruhi satu sama lain, tapi musik dan fashion berujung saling mempengaruhi. Musisi sebagai seorang performer pasti tidak bisa hanya menampilkan lagunya di atas panggung. Sebagai seorang performer, musisi juga harus bisa mempresentasikan genre musiknya dan pesan-pesan yang ingin disampaikan melalui berbagai media. Mulai dari gimmick, stage presence dan termasuk juga pula fashion statement.

Munculah dari sini budaya populer yang merupakan asimilasi dari musik dan fashion, dan berikut ini adalah beberapa musisi yang mempengaruhi tren fashion di era mereka masing-masing:

 

  1. Elvis Presley

    fanpop.com

Kalian tentu masih ingat gaya flamboyan Elvis Presley dengan celana cutbray, baju-baju berkilau dengan banyak aksesori, kemeja bergaris, hingga jaket kulitnya. Elvis memang terkenal dengan glittery jumpsuitsnya, namun Elvis juga terkenal dengan memadukan celana bahan dengan kemeja yang longgar dan boat shoes yang membuat pakaian yang digunakannya rapih, tapi tetap berantakan.

Elvis sebagai King of Rock and Roll memberi influence yang cukup besar dalam dunia fashion. Pakaian yang ia gunakan sontak merubah tren fashion saat itu. Bahkan Elvis tampil dengan rambut panjang sebelum orang-orang pikir itu fashionable. Dan mengapa tren pakaian zaman Elvis sangat berbeda, dengan gaya pakaian yang rapih dan necis dengan sedikit androginis, dikarenakan memang pada masanya Amerika sedang berjaya.

 

 

 

 

 

 

  1. Kurt Cobain

    glamour.com

Tak dapat dipungkiri Kurt Cobain, vokalis dari Nirvana, adalah orang yang membuat trend fashion grunge. Dimulai dari kemeja flannel, oversized sweater, granddad cardigan, hingga Jackie O Sunglasses menyerupai mata alien yang sangat ia cintai.

Bahkan di tren pakaian sekarang, banyak yang mengambil inspirasi dari gaya Kurt. Salah satunya adalah Kanye West dengan Yeezynya, yang sejak Yeezy Season 1 selalu mengaksentuasi koleksinya yang serba ‘kebesaran’.

Sebenarnya, jika dikaitkan dengan masanya, mengapa trend Grunge muncul di tahun 90-an bisa kita kaitkan lagi dengan latar belakang social yang terjadi pada remaja-remaja di Amerika yang pada saat itu sedang banyak yang mengalami depresi karena adanya krisis ekonomi sehingga hal tersebut mempengaruhi gaya berpakaian mereka.

Bisa kita lihat dari Nirvana dengan kebanyakan lagunya bernuansa ‘gelap’ menjadi salah satu band yang paling didengarkan pada masanya. Dan tren berpakaian a la Kurt Cobain dengan kemeja flannel dan jeans sobek miliknya pun dianggap menarik dan Kurt menjadi acuan berpakaian remaja saat itu.

 

  1. Run-DMC, LL Cool J, dan Salt-N-Pepa.

kicksonfire.com

Run-DMC, LL Cool J, Salt-N-Pepa adalah bintang-bintang Hip Hop pada tahun 1980 sampai 1990-an. Selama ini, Hip Hop Fashion memang selalu memiliki audiens tersendiri. Dengan gaya berpakaian longgar, seperti celana longgar atau atasan seperti jersey-jersey longgar.

Kemudian sekarang, musik Hip Hop dan RnB yang sedang naik daun menciptakan tren fashion di masyarakat zaman kini. Yang pada asalnya Hip Hop fashion adalah street fashion, sekarang ia menjadi tren high fashion yang diakui banyak designer dunia.

Dengan dunia yang sekarang sangat mencintai Hip Hop fashion, sebenarnya sudah banyak brand-brand high fashion, seperti Balmain dan Saint Laurent, yang melirik artis-artis Hip Hop dan mengadaptasi gaya gaya mereka. Bahkan ada beberapa brand yang melakukan kolaborasi seperti Gucci dengan Dapper Dan. Tidak hanya itu, Kanye West, seorang musisi Hip Hop pun turut mengikuti arus fashion Hip Hop yang sedang naik daun. Dengan koleksi pakaian yang bertemakan apocalyptic mendapatkan antusias yang besar dari audiensnya.

Kalau kita buka kembali, besar bobot musik dalam mempengaruhi fashion bisa dibilang cukup besar. Faktanya, dengan adanya atraksi personal yang kita dapatkan dari hal-hal yang kita sukai, contohnya musik, pasti berpengaruh kedalam keseharian kita dan gaya hidup kita. Kebanyakan orang berpakaian sesuai apa yang mereka dengarkan, dan mereka mendengarkan sesuai apa yang mereka sukai. Dan siklusnya tetap terus seperti itu. Hal yang dipengaruhi musik tidak melulu soal gaya berpakaian, bahkan meliputi gaya rambut hingga gaya berbicara kita. Maka dari itu, sampai di zaman sekarang pun musik masih memiliki andil yang cukup besar dalam penciptaan tren fashion dan budaya populer.

Bagaimana dengan kamu? Apakah musisi yang kamu dengarkan mempengaruhi gaya berpakaianmu?

About The Author