Pesta musik Jazz yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia setiap tahunnya kembali digelar. Yup, Jakarta International Java Jazz Festival kembali hadir dan akan diselenggarakan pada 6, 7, dan 8 Maret 2015 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Menurut Direktur utama Java Festival Production, Dewi Gontha, pada konferensi pers yang diselenggarakan di Airman Planet, The Sultan Hotel, (21/1), Java Jazz 2015 ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan ke-10 Java Jazz sebelumnya. “Misi kami tetap sama yaitu membawa nama Indonesia melaluifestival musik, perbedaan hanya terletak dalam line up artis, konsep, dan tema desain acara”, jelas Dewi. Jika tahun lalu Java Jazz hadir dengan memperkenalkan Indonesia mealui Batik dan Wayang, tahun ini giliran Barong Bali yang diaplikasikan pada desain rangkaian acara Java Jazz 2015.

Mendukung misi mereka, tahun ini Java Jazz mengangkat tema “Exploring Indonesia”. Tema exploring Indonesia ini dapat terlihat dari musisi-musisi yang akan tampil di Java Jazz 2015. Menurut Dewi, sungguh banyak potensi dan talenta yang dimiliki Indonesia saat ini, untuk itu alangkah baiknya untuk mengaplikasikan tema tersebut dan membawa talenta-talenta tersembunyi dan nuansa etnik ke panggung Java Jazz kali ini. Kordinator Tim Program Java Jazz Festival, Eki Puradireja, mengungkapkan akan ada banyak musisi Indonesia yang tampil dengan penampilan khusus. Seperti grup musik Jazz Melayu, Lantun Orchestra, maestro klasik, Ananda Sukarlan, yang akan membawakan lagu Nusantara dengan aransemen jazz, dan paduan suara klasik asal Maluku, Amadeous Choir. Tak ketinggalan juga penampilan spesial dari drummer senior, Benny Mustafa, yang akan menampilkan project Djangger Bali yang dulu pernah dibawakan pada tahun 60-an hasil kolaborasi orang Indonesia dengan Tony Scott di Jerman. Salah satu biduan yang kemarin sempat membawakan 2 lagu di konferensi pers, Reza Artamevia, pun menjadi artis yang akan memberikan warna di panggung Java Jazz kali ini.

Konferensi Pers Java Jazz 2

Reza Artamevia membawakan dua buah lagu yang berjudul “Pertama” dan “Aku Wanita” setelah konferensi pers Java Jazz 2015 selesai.

Musisi mancanegara yang akan tampil di Java Jazz kali ini pun tidak kalah memukaunya, baik yang sebelumnya sudah pernah memeriahkan Java Jazz ataupun yang baru akan melakukan penampilan perdananya di Indonesia. Sederet nama seperti Christina Perri, Jessie J, Chris Botti, Courtney Pine, Jon Regen, Lisa Ono, Joshua Ledet, Naturally 7, Snarky Puppy, dan masih banyak nama lainnya sudah melakukan konfirmasi akan memeriahkan Java Jazz 2015. Dari tahun ke tahun, memang Java Jazz selalu menampilkan perpaduan antara music jazz dan genre musik lain. Hal ini dengan tujuan memberikan edukasi bagi mereka yang datang bukanlah pecinta jazz, namun sekaligus mereka akan menyaksikan musik jazz itu sendiri.

Seperti biasa, banyak program-program dari sponsor yang mendukung Java Jazz yang akan memberikan keuntungan bagi pengunjung Java Jazz setiap tahunnya. BNI menyediakan layanan kartu Tapcash BNI dan promo buy 1 get 2 dalam pembelian tiket JJF 2015. Telkomsel hadir di lokasi JJF 2015 dengan teknologi 4G LTE, sehingga pengunjung dapat menikmati akses internet cepat selama acara. Penawaran menarik pun diberikan Telkomsel kepada pelanggan melalui T-Cash dan Telkomsel Poin. Salah satu maskapai terbaik Indonesia, Garuda Indonesia, juga ikut mendukung JJF 2015 dengan pemberian transportasi penerbangan bagi para musisi dari dalam maupun luar negeri.