“Welcome to Earth-2”, merupakan pernyataan sambutan yang dilekatkan di teranyar dari band stoner rock asal ibukota ini. Tepat pada tanggal 13 Juli 2018, single “Peradaban” dirilis di platform daring dibawah naungan Karma Records.

Feast, band yang tahun lalu sukses lewat rilisan Album pertamanya yang bertajuk “Multiverses” ini telah melalui proses panjang pendewasaan dalam musiknya. Sejak single pertama mereka yang berjudul “Camkan” rilis di Soundcloud, band ini sudah mencuri banyak perhatian orang. Liriknya yang tajam dan musiknya yang keras sudah disajikan sejak single pertama mereka tersebar.

Menurut KBBI, Peradaban adalah hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa. Lewat ‘Peradaban’, lagi-lagi Feast memberondong kuping pendengarnya dengan lirik yang tajam. Lewat “Peradaban”, Feast menyampaikan rasa prihatin terhadap krisis yang ada di negeri ini. ‘Peradaban’ adalah manifesto Feast pada negeri ini.

Sumber: Feast

“Melalui visual dan pesannya, di lagu ini kami ingin mengangkat beberapa topik yang pada umumnya enggan dibicarakan oleh banyak band atau musisi lain, lantaran takut akan reaksi frontal dari audiens – antara sangat suka atau sangat benci, tanpa titik tengah” ujar Baskara Putra selaku penulis lirik.

Video lirik “Peradaban” yang telah dirilis pada tanggal yang sama di Youtube berisikan cuplikan seputar peristiwa-peristiwa di negeri ini. Mulai dari pendakwah terkenal, sampai ‘first lady’ pertama Indonesia bisa dijumpai di video ini.

 

Ditulis oleh: Fikri Arman