Tentu temen-temen semua masih inget dengan band indie legendaris lokal Pestolaer? Angga yang merupakan sang gitarisnya membentuk sebuah band baru dengan nuansa musik raga-rock / psychedelic-rock bernama Ramayana Soul. Sebenarnya menurut Angga cikal bakal Ramayana Soul telah ada sejak tahun 2006, namun baru didirikan resmi pada tahun 2010. Pada saat itu masih bersifat proyek solo. Kemudian pada tahun 2012 Ramayana Soul baru berubah ke format band, sebelumnya Angga hanya tampil solo.

Band ini selalu menarik perhatian saat sedang perform. Genre musik yang diusung oleh Ramayana Soul adalah raga-rock dan psychedelic-rock era 60-an. Raga-rock sendiri merupakan gaya bermusik rock dengan campuran musik tradisional India. Di samping itu, yang unik dari band ini yaitu para personilnya juga menggunakan beberapa instrumen musik India dan Timur-Tengah seperti: sitar, harmonium dan tabla. Suara Sitar ini yang menambah kental ciri khas dari Ramayana Soul karena tidak banyak band yang memakai alat musik ini.

Band yang saat ini berpersonilkan: Erlangga Ishanders / Angga (vokal, sitar, gitar, harmonium, tabla), Adhe Kurniawan / Wawan (gitar, vokal), Ivon Destian / Ivon (vokal), Kaisar Irfan Tirtamurti / Irfan (bass) dan Sultan Bimo Kamil / Bimo (drums, tabla) kemarin Minggu (05/04/15) baru saja merilis debut full-length mereka dengan tajuk SabdaTanMantra dalam format deluxe-cassette, dengan single pertama “Aluminium Foil” yang juga baru mengeluarkan video klip berbarengan dengan rilisnya album ini.

Mereka merilis album SabdaTanMantra bersama label Wasted Rockers Recordings dengan berisikan 8 buah lagu dan 2 bonus lagu. Album ini dirilis dalam bentuk kaset yang akan hadir dalam 2 varian warna yaitu clear gold cassette & clear black case. Kaset ini diduplikasi di studio Lokananta, Solo. Kualitas audio jernih & kecepatan putaran pita normal. Harga yang dipatok untuk SabdaTanMantra ini yaitu Rp50.000 per kepingnya yang bisa didapatkan di WR Store maupun mail order.

Tracklist:
01. Almunium Foil
02. Jaya Raga MiraNgga Bhineka Tunggak Ika
03. Perlahan Terjatuh
04. Demensi Dejavu
05. Terang
06. Rhaksasa
07. Mawar Batu
08. Dawai Batu Gadjah

Bonus-tracks:
09. Alumunium Foil (2013 version)
10. Jaya Raga Jiwa (2014 version)

Credit:
Artworks by: Irfan Tirtamurti

Ramayana Soul - SabdaTanMantra (album packaging)

foto: doc. Ramayana Soul

About The Author

Random tought.