Setelah sempat vakum selama beberapa waktu, grup noise-rock asal Bogor, Sugarkane kini tengah memersiapkan sebuah EP bertajuk In A Mess yang rencananya akan dirilis bulan November mendatang. Dirilis oleh Hujan! Rekords, EP ini rencananya akan dibagikan di akun soundcloud Hujan! Rekords dan Tromagnon Records secara gratis, serta dirilis dalam bentuk kaset yang dapat dipesan hingga akhir Oktober 2017.

Menjelang persiapan EP tersebut, grup yang mengambil nama dari judul lagu Sonic Youth ini juga mengeluarkan single baru bertajuk ‘Unhinged’ yang dibawakan oleh vokalis baru mereka, Lucky Julian. Posisi Lucky saat ini menggantikan Dila yang sebelumnya sempat mengisi posisi vokal pada EP Goof Around.

Meski demikian, hal tersebut tak mengubah karakteristik band yang secara jelas mendeskripsikan musiknya sebagai noise-rock ala Sonic Youth ini. Bermodalkan gesekan gitar liar yang dipadukan dengan permainan bass dan drum yang saling bertabrakan, band yang diisi oleh Lucky Julian pada vokal, Omen pada gitar, Regi pada bass dan Daryl pada drum ini mampu menyajikan musik yang akan mengingatkan kita pada suara-suara sumbang 90-an seperti Bikini Kills, Nirvana, maupun Sonic Youth.

Menurut Omen, lagu Unhinged sendiri merupakan bentuk ekspresi sikap tak acuhnya terhadap orang-orang yang terkadang memaksakan kehendaknya sendiri terhadap orang lain. “Banyak banget orang yang  memaksakan kehendaknya terhadap orang lain tanpa mau peduli satu sama lain,” jelas Omen.

“Jadi lagu ini merupakan bentuk perlawanan kami. Kami lawan ketidakpedulian itu dengan sikap tak peduli,” tambahnya.

Selain single ‘Unhinged’, Sugarkane juga mempersiapkan lima lagu lain yang direkam secara live untuk materi EP In A Mess yang akan dirilis November nanti. Single ‘Unhinged’ sendiri saat ini dapat didengarkan di akun Soundcloud Hujan! Rekords dan Tromagnon Records dan dapat diunduh secara cuma-cuma.

About The Author

Seorang persona non-grata, terasingkan di planetnya sendiri. Berimpian untuk pindah ke galaksi Andromeda dan membangun kehidupan baru bersama debu- debu kosmik.