Apa yang akan terjadi jika seri terkenal Star Wars digabungkan dengan seni pagelaran wayang ? Wayang Lepas jawabannya. Minggu, 13 Desember 2014 bertempat di Rumah Musik Harry Roesli dilaksanakan sebuah pagelaran wayang lepas bertajuk “Perang Bintang”. Menceritakan salah satu episode star wars dengan kearifan lokal dan pembawaan yang lepas memberikan suasana hangat dan tawa dalam pentasnya. Contohnya  tokoh Darth Vader dalam Star Wars memiliki nama Romo Gelap dalam Wayang Lepas dan Luke Skywalker menjadi Lukman Jajahangkasa.

Uniknya penonton juga diberikan dua pilihan dalam menikmati wayang lepas, yaitu dari sudut pandang “dark side” dan “light side”. Ditambah sepanjang pementasan, dihiasi live scoring oleh duo elektro asal Bandung, Bottlesmoker dan juga Swara Waditra Sunda Universitas Telkom. Walau berbeda aliran, Wayang Lepas membuktikan bahwa perbedaan yang signifikan dapat menghasilkan performa yang dinamis dan mendukung cerita tetap dalam ritmis.

Didalangi oleh salah satu seniman yang kerap membuat video lucu di youtube, Fluxcup memberikan warna tersendiri dalam pementasan wayang lepas. Dari mahakarya tersebut, membuktikan bahwa perbedaan bukanlah alasan untuk tidak berkolaborasi dalam karya. Wayang lepas adalah sebuah pementasan yang sangat memuaskan !

IMG_0060

Produser, Para Dalang dan Komposer

Semoga semangat bersamamu !

(may the force be with you !)