Teks oleh: Panji Wisnu

 

Dikenal sebagai musisi Jazz, Tesla Manaf tampil dengan konsep musik yang jauh berbeda. Jika sebelumnya ia lekat dengan instrumen Gitar, sudah beberapa bulan terakhir nama Tesla Manaf terpampang di beberapa acara musik experimental diantaranya Modular Garage vol.02, Subtractive, dan Mindzapp dengan format panggung dan instrumen musik yang juga berbeda.

Pertama kali saya mengenal Tesla Manaf sekitar 3-4 tahun lalu melalui album “A Man’s Relationship with His Fragile Area”. Musik yang disajikan Tesla Manaf terdengar sangat menarik dengan notasi yang cukup kompleks serta ketukan yang rumit. Tidak heran jika saat ini musik yang disajikan mengarah ke ranah experimental. Tesla Manaf juga dikenal sebagai penata musik film, salah satunya film Rembah Pribumi pada tahun 2017 yang kemudian disusun dalam album Rembah Pribumi Original Motion Soundtrack yang berisi 5 lagu. Kemudian pada awal 2018 Tesla Manaf merilis album Toija yang sudah mulai terdengar bunyi-bunyi experimental, walaupun pada album ini ia masih bermain gitar dan masih terdengar jazz namun bebunyian abstrak dari musik experimental sudah sangat terasa.

Sebagai musisi Jazz, Tesla Manaf sudah mengeluarkan 7 album termasuk album “A Man’s Relationship with His Fragile Area” yang dirilis oleh MoonJune Records, New York. Dengan musik jazz tersebut Ia sudah melakukan tur ke berbagai negara diantaranya Jepang, Spanyol, Perancis, Turki, dan Belanda.

Pada format baru, Tesla Manaf memainkan intrumen yang disebut Noise Box. Alat musik ini merupakan kumpulan analog synthesizer dengan basic bebunyian atau noise, serta beberapa effect pedal dan diiringi tandem seorang pemain drum. Melalui instrumentasi dan konsep tersebut, Ia sudah mengeluarkan album “FLEX” yang dirilis pertengahan September lalu. Selain di dalam negeri, ia sudah menyajikan musik dengan konsep experimental atau juga disebut sebagai IDM (intelligent dance music) tersebut di Malaysia dan Singapura dalam perilisan album, serta tampil di salah satu festival musik experimental di Berlin.

 

 

 

Bagaimana awal mula dari musisi yang dikenal dengan musik Jazz lalu berpindah kearah Experimental?

Gua tuh malah basic nya dari klasik dulu, dari umur 9 tahun sampe 19 tahun tuh gua main klasik, tapi udah gaada grade lagi di Indonesia jadi kalo mau lanjut grade musti ke Jepang. Awalnya berenti main klasik juga gara-gara susah disini, pertunjukan jarang, acara jarang, temen-temen gua yg lain biasanya malah pada ngajar. Yang beneran bisa banget bertahan di musik klasik tuh, malah mas Jubing, yang bertahan sebagai gitaris klasik. Akhirnya gue mulai belajar jazz di Bandung tahun 2006, yaudah akhirnya mulai fokus di jazz. Tapi musik jazz yang gue bawain juga banyak unsur klasik nya sih, kayak album gue yang di “MoonJune” itu malah genrenya neo classical. Intinya ngegabungin genre dari apa yang gua dipelajarin dari kecil sama apa yang dipelajarin dari musik jazz. Waktu itu juga sempet berenti kuliah buat ngedalemin jazz, terus pas udah fokus akhirnnya kecebur dan keterusan.

Tapi sebenernya fokusnya dari dulu udah experimental sih, biarpun jazz dulu tapi akhirnya experimental. Tapi karna pertunjukan musik tersebut itu jarang banget, ada sih tapi kalo untuk cari duit itu mesti ke festival jazz gitu, yang sponsornya gede, yang panggungnya besar, yang fee buat lo itu beneran proper banget lah. Yaudah akhirnya karna mungkin kebanyakan main di acara jazz, jadi yaudah orang-orang nyebut gua sebagai gitaris jazz. Mungkin dari kecil emang gua udah dengerinnya itu jadi akhirnya balik lagi ke musik masa kecil gua apaan.

 

Apakah masih ada unsur jazz yang dibawakan di musik Experimental saat ini?

Sekarang ini gua sama sekali ga mikir, ga mikir sama sekali. Yang penting gua punya konsep, gua pengen berduaan aja dipanggung, gua punya basic beat dan gua pengen main semua instrumentasi kecil-kecil yang aspectual. Gua ga pengen mainin beat sendiri jadi gua ngajak drummer, supaya live nya lebih kerasa dan supaya ga terkesan kayak DJ aja sih.

 

Adakah kesamaan dan perbedaan konsep dari jazz dan experimental?

Kalo beda sih banyak banget pasti ya. Jadi sebenernya jazz yang gua mainin itu semuanya well written gitu, jadi apa yang gua mainin sekarang besok atau dua tahun lagi itu semuanya sama. Jadi kayak sama aja kalo lo dengerin Metallica solo nya kayak gitu lagi, temanya kayak gitu lagi. Nah itu jadi hampir sama persis, album gua yang di MoonJune itu semua gua tulis total, jadi semua yang gua mainin sekarang ya hampir sama persis sama yang berikutnya.

Tapi kalo sekarang ini gua sama sekali ga mikir, kadang justru pas main gua suka terinspirasi dari si drummer gua sendiri, atau sama tandem gua yang lain. Kadang latihan sama di panggung suka beda mainnya, kadang juga drummer gua ini suka ngebunyiin sesuatu yang gapernah gua sangka sebelumnya, akhirnya ya gua respon dia, jadi gua harus ngimbangin sama permainan dia yang kayak ga ketebak. Jadi kayak saling ngelontarin energi satu sama lain gitu, itu yang seru sih.

 

Bagaimana memposisikan diri sebagai orang yang dikenal sebagai musisi Jazz yang kemudian berpindah ke arah experimental?

Wah gua tuh kayak lagi rebranding total. Ya maksudnya gua cari gig baru, gua cari lingkungan baru otomatis, gua cari posibilitas panggung yang baru, kemungkinan celah-celah gua cara main disini-disini. Dengan lingkungan yang jauh berbeda dari jazz.

Nah itu sih yang bikin gua stress, bukan stress juga sih tapi in a good way. Karena pada saat gua memulai ini juga gua udah tau semua konsekuensinya apa aja. Nah itu lah alasan kenapa sekarang gua jadi fokus banget disini. Jadi kayaknya emang gua harus ninggalin gitar, gua gaboleh setengah-setengah. Pokoknya kasarnya 2 taun ini gua bakalan promo terus, gua bakalan main terus tanpa mikirin profit sama sekali. Intinya gimana caranya gua bisa main terus dengan konsep yang ini.

 

Noisebox. (Foto: Dok. Tesla Manaf)

 

Menurut anda, apakah musik experimental yang dibawakan saat ini adalah kepanjangan dari musik jazz, atau merupakan sesuatu yang baru dan berbeda dari jazz? Mengingat jazz merupakan genre musik yang sangat luas.

Engga sama sekali sih, beneran gua lupain total. Pokoknya Tesla yang dulu gua lupain total aja. Gua gamau dengerin karya gua yang dulu, gua gamau denger referensi-referensi yang gua denger dulu. Ya ini yang gua bunyiin sekarang itu sesuatu yang belom pernah gua sentuh sebelumnya aja, entah dari musiknya, entah dari alat-alatnya segala macem pokoknya semua baru total, jadi gaada kepanjangan dari jazz itu sendiri.

Intinya kalo gua pribadi sih engga ya, Tapi mungkin kalo digabungin sama tandem drummer gua mungkin ada iya nya. Karna drummer gua fokusnya masih di jazz, walaupun dia ga main swing tapi setidaknya basic jazz nya kuat. Jadi mungkin pas digabungin bakal ada sentuhan jazz-nya.

 

Adakah musisi yang menginspirasi dalam membuat karya musik Experimental?

Kalo inspirasi sih balik lagi ke klasik sih ya. Orang bilang musik gue mirip banget sama Aphex Twin, mereka ngira referensi gue ke dia banget padahal engga. Referensi gua tuh dari musik klasik 60-an, György Ligeti sama Karlheinz Stockhausen. Mereka emang musisi klasik-experimental gitu kan, tapi mereka tuh awalnya dari ensemble dan orchestra, atau choir dan segala macemnya itu, terus mereka akhirnya berubah ke arah electronic. Musik electronic saat itu masih baru banget kan, akhirnya mereka mencari ranah bunyi yang baru dari musik electronic itu. Dan gua merujuk kesana semua sih, jadi apa yang gua bunyiin sekarang tuh semua rata-rata dateng dari mereka.

 

Pandangan terhadap kancah musik Experimental di Indonesia? Dan bagaimana kedepannya?

Wah ini gila sih, kita tuh salah satu kiblat sekarang. Kalo lo tau Jogja Noise Bombing itu tuh salah satu festival noise terbesar di dunia. Itu udah hampir sepuluh tahun, dan itu masif banget sih. Semua orang dari seluruh dunia shock dengan movement kita. Maksudnya kan kalo kita ngomongin scene festival noise yang berkembang banget pasti ngarahnya ke Berlin, London, US, atau Tokyo, dan salah satu yang sekarang dipandang banget itu Jogja, Jogja Noise Bombing itu. Dan itu emang konsepnya gila banget sih, konsepnya bagus, yang main juga banyak banget variatif banget, dan penampilnya juga gila-gila banget. Lo kalo pengen denger musik noise tiga hari penuh yang seharinya delapan jam musik noise, harsh noise ya lo musti dateng kesana sih.

Intinya Indonesia dengan scene experimental nya saat ini lagi masif banget. Biarpun emang agak sulit ya orang-orang jarang ada yang notice, gaakan di blow up sama media yang besar, atau lo tuh gaakan ketemu sponsor besar yang akan support lo. Jadi kebanyakan emang “bergerilya”. tapi ga cuma di Indonesia doang, di seluruh dunia juga sama kok. Walaupun kadang emang ada festival besar yang sponsornya besar juga, cuman ya mereka tetep sulit juga sama.

 

Apakah ada keinginan untuk berpindah ke ranah musik yang lain di kemudian hari?

Mungkin sih, kemungkinannya ada banget. Ini aja gua nekat, berubah total. Kalo lo dengerin album gua dari awal sampe akhir semua pasti gaada yang sama, satu sama lain tuh pasti beda-beda. Jadi ga menutup kemungkinan sih tiba-tiba gua main apaan gitu, atau tiba-tiba gua ngebunyiin apa gitu, tapi gua ga tau ya, intinya kemungkinannya akan terbuka banget.

 

Apa project kedepan Tesla Manaf?

Sementara emang ini aja sih, fokus disini. Kadang masih ngiringin teater, ngiringin penari, tapi sementara ini gua tetep fokus di sini.